gejala baru covid 19

Apa anda sudah tau ? Gejala baru Covid 19 sekarang sudah muncul pada orang yang terkonfimasi corona. Gejala baru Covid 19 sudah ada di beberapa negara termasuk indonesia, apa saja gejalanya ? berikut penjelasan lengkap nya

Seperti yang anda sudah ketahui bahwa gejala utama dari covid 19 adalah demam, batuk kering, tenggorokan sakit dan badan terasa lemas, itu tanda gejala dari covid 19.

Selanjutnya pada artikel ini kita akan bahas apa saja gejala baru dari covid 19 yang muncul baru baru ini dan sudah dialami beberapa pasien yang sudah terkonfirmasi covid 19.

Selalu terapkan protokol covid agar anda terhindar dari corona. jangan anggap remeh penyakit ini karena sudah banyak orang yang meninggal dari seluruh negara di dunia.


Gejala baru Covid 19 apa saja ?

baca dan liat Gejala Baru Covid 19 sudah muncul berikut penjelasannya


1. Anosmia

Apa itu Anosmia ? pernah dengar ? anosmia merupakan gejala baru covid 19 dimana indera penciuman tidak bisa atau hilangnya kemampuan untuk merasakan bau apapun.

gejala baru covid 19
Anosmia or smell blindnes

Pada penderita anosmia ini menganggap hal ini biasa karena mengira cuma flu biasa ada pilek dan hidung tersumbat

Pada orang terpapar covid gejala ini biasa muncul pada hari 3-10. indera penciuman nya hilang total dan tak mampu mencium bau apapun dari hidungnya padahal sudah ditempelkan mangga depan hidungnya


2. Parosmia

Gejala Baru Covid 19 slanjutnya yaitu parosmia

Baru dengar kata Parosmia ? yang sekolah di kesehatan pasti sudah paham. untuk masyarakat pun anda harus tau gejala baru ini, Namanya Parosmia.

orang yang kena virus covid 19 dalam waktu yang lama telah dilaporkan mencium bau aneh secara terus menerus.

Orang yang kena parosmia ini 70 persen awalnya dari infeksi covid dari gejalasa anosmia dan telah sembuh.

indera penciuman kembali normal dalam 1 minggu, tapi pada orang parosmia indera pnciumannya berubah. dan almi keanehan dimana mencium bau tiba tiba berubah.

Jadi Parosmia adalah kelainan sensorif dari indera penciuman manusia, misal mencium bau busuk terus menerus padahal tidak ada, itu karena saraf sensorik penciuman anda rusak, dan merasa tidak enak ketika ada makanan, padahal yang anda lihat adalah makanan enak depan anda.

Nirmal Kumar, ahli bedah telinga, hidung, dan tenggorokan (THT) sekaligus profesor di Edge Hill University Medical School, termasuk di antara orang pertama yang mengidentifikasi gejala ini pada penderita virus corona

Dia mengatakan telah melihat dua pasien dengan parosmia. Salah satunya mengatakan bahwa mereka bisa mencium bau ikan menggantikan bau lain dan yang lainnya mengatakan mencium bau terbakar saat tidak ada asap di sekitarnya.

“Keduanya adalah petugas kesehatan dan kami pikir ada peningkatan insiden pada orang muda dan juga pada petugas kesehatan karena paparan virus di rumah sakit. Bagi sebagian orang, itu benar-benar membuat mereka kesal,” katanya.


3. Delirium

Penyakit ini disebut paling banyak ditemukan pada pasien Covid-19 lansia (lanjut usia). Lalu apa itu delirium?

Menurut Dokter Spesialis Saraf Rumah Sakit Akademik Universitas Gadjah Mada (RSA UGM) Fajar Maskuri, delirium merupakan gangguan sistem saraf pusat berupa gangguan kognitif dan berkurangnya kesadaran terhadap lingkungan. Kondisi ini terjadi akibat disfungsi otak pada beberapa pasien Covid-19.

Salah satunya gejala delirium pada pasien Covid-19 adalah kebingungan, lalu disorientasi, bicara mengigau, sulit konsentrasi/kurang fokus, gelisah, serta halusinasi.

“Gejala-gejala itu munculnya fluktuatif dan biasanya berkembang cepat dalam beberapa jam atau beberapa hari,” ujarkan seperti dikutip dari situs resmi UGM, Jumat (18/12/2020).

Lantas seberapa sering delirium muncul pada pasien Covid-19? Fajar menjelaskan gangguan neurologis dapat terjadi pada sekitar 42,2% pasien Covid-19.

Sementara manifestasi gangguan neurologis tersering pada pasien Covid-19 adalah nyeri otot (44,8%), nyeri kepala (37,7%), delirium (31,8%), dizziness (29,7%). “Secara umum, delirium dialami pada 13-19 persen pasien Covid-19,”


Itulah Gejala baru covid 19 mulai dari anosmia, parosmia dan delirium, jika belum paham silahkan baca ulang lagi dan jangan lupa periksakan segera ke layanan kesehatan terdekat.

Lakukan Protokol covid agar anda terhindari dari itu semua. sayangi diri anda dan keluarga anda di rumah

Read More = Apa-itu-covid-19-corona-virus-disease-2019/?

Sekian dan Terima kasih

Semoga bermanfaat yah buat anda keluarga

Jika ada saran dan kritik dari kami, tersedia di kolom komentar di bawah

Penulis = dr. hasan


Medisupdate.com

IKUTI KAMI DI MEDIA SOSIAL


By Medisupdate.com

Medical Doctor In Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error

Dapatkan Ilmunya dan jangan Lupa Share :)