Laporan Kasus Skizofrenia paranoid

Berikut Kasus Skizofrenia yang terjadi di Rumah sakit Jiwa Makassar. Laporan Kasus Skizofrenia paranoid ini telah disusun oleh dr. Muh. Hasan selama belajar di kedokteran. berikut Laporan nya

Laporan Kasus Skizofrenia paranoid ini sudah tersusun rapi mulai dari anamnesis pemeriksaan fisik sampai ke penatalaksanaan pasiennya

dr. Muh. Hasan sudah buat untuk pembelajaran anda selama menghadapi pasien skizofrenia, laporan kasus ini sudah lengkap disertai pembahasan dan diskusi kasus

Kasus Skizofrenia paranoid ini banyak penyebabnya, dan dari penelitian kebanyakan akibat depresi berat.

file ini anda bisa download lengkap dan bisa digunakan untuk proses belajar cara membuat kasus kejiwaan di rumah sakit

Kasus ini terjadi pada seorang perempuan berinisial Ny. S yang tinggal di Takalar Sulawesi Selatan. Pasien ini datang dibawah oleh suaminya ke Rumah sakit dengan keluhan Mengamuk. keluhan ini dialami sudah lama sekitar 2 tahun dan memberat 2 hari yang lalu.

Laporan Kasus Skizofrenia paranoid
schizophrenia-woman-face

Seperti apa laporan lengkapnya berikut kami paparkan

Laporan Kasus Skizofrenia paranoid

Laporan Kasus Skizofrenia paranoid

Skizofrenia adalah salah satu gangguan jiwa akibat gangguan mental yang dialami pasien pasien yang menimbulkan gejala psikosis. seperti waham, halusinasi dan delusi. berfikir kacau dan tidak mampu kenal dirinya sendiri.

  • Keluhan utama :

Mengamuk

  • Keluhan dan gejala :

Pasien masuk Rumah sakit dengan mengamuk, baru pertama kali dibawah kerumah sakit. Mengamuk dialami sudah 2 tahun . Mengamuk memberat 2 hari yang lalu Pasien menghancurkan barang- barang yang ada di rumah.

Pasien Memecahkan piring dan gelas dan melempar barang- barang yang ada disekitarnya.. Pasien kadang-kadang mengamuk di rumah. Pasien ada keluhan mengamuk setelah bangkrut dalam penjualan ikan 2 tahun lalu.

Setelah mengamuk pasien sering bicara sendiri “ saya adalah raja Gowa “ , dan sering berteriak “ uang saya dimana “. Sebelum mengamuk pasien baik- baik saja. Pasien tidak pernah memukul orang lain. Waktu tidur terganggu. 

Pasien tidak ingat lagi tugas hariannya seperti mandi , memasak dan lain-lain. Hubungan dengan suami sering berkelahi sampai sekarang.

Untuk Anamnesis Pasien lengkap anda bisa download filenya

anda bisa download dan sebarkan untuk belajar atau menuntut ilmu di dunia kesehatan

Klik disini = File Laporan Kasus Skizofrenia Paranoid Fulltext

DIAGNOSIS MULTIAKSIAL (BERDASARKAN PPDGJ III)

Laporan Kasus Skizofrenia paranoid

  • Aksis I :

Berdasarkan autoanamnesis, alloanamnesis didapatkan gejala klinis yang bermakna yaitu pasien mengamuk, gelisah, dan sering bicara sendiri yang dapat menimbulkan penderitaan (distress) pada dirinya dan keluarga serta lingkungan, sehingga dapat disimpulkan bahwa pasien mengalami gangguan jiwa.

Pada pemeriksaan status mental didapatkan hendaya berat dalam menilai realita berupa halusinasi auditorik serta waham curiga. Pada pemeriksaan status internus dan neurologis tidak ditemukan adanya kelainan organobiologik sehingga kemungkinan gangguan mental organik dapat disingkirkan dan pasien dikategorikan sebagai gangguan jiwa psikotik non organik.

Dari alloanamnesis, autoanamnesis, dan pemeriksaan status mental didapatkan adanya psikomotor yang gelisah, afek labil, halusinasi auditorik serta waham curiga. Berdasarkan PPDGJ-III maka gejala-gejala yang ditunjukkan diatas oleh pasien masuk dalam kategori Skizofrenia (F20).

Adanya halusinasi yang bersifat memerintah pasien dan gangguan isi pikir berupa waham curiga pada pasien, berdasarkan PPGDJ III termasuk dalam kriteria Skizofrenia Paranoid (F20.0)

  • Aksis II

Gangguan kepribadian tidak khas

  • Aksis III

Ganggun fisik Tidak ada

  • Aksis IV

Ditemukan masalah dengan suami yang sering bertengkar karena bisnisnya gagal 2 tahun yang lalu

  • Aksis V 

GAF Scale 50-41 (gejala berat, gangguan berat)

DISKUSI

Laporan Kasus Skizofrenia paranoid

Dalam autoanamnesis, pasien memperlihatkan afek dan mood yang inappropriate, serta adanya halusinasi (halusinasi auditorik) dan gangguan isi fikir (waham curiga).

Pasien sering tampak emosi, terlebih jika menyangkut mengenai suami pasien. Pasien mengaku sering tidak perhatikan suami dan mementingkan untuk mencari uang, dan berdasarkan alloanamnesis pernyataan pasien sesuai dengan pernyataan Anaknya .

pasien awalnya dalam kondisi baik-baik saja, tapi setelah bangkrut usahanya, dia menjadi sering marah, mengamuk dan sering bicara sendiri “ saya adalah raja gowa “ dan raja Gowa kata pasien ada dalam tubuhnya dan sering dikasi tau pada malam hari biasanya. dan selalu berteriak “ uang saya dimana “

Berawal dari gangguan atau reaksi terhadap stress berat dan gangguan penyesuaian yang berlangsung lama akhirnya semakin mengganggu pasien dan sampai menunjukkan gejala psikotik seperti mengamuk, gelisah dan sering bicara sendiri.

Laporan Kasus Skizofrenia paranoid

Pemilihan jenis obat antipsikotik mempertimbangkan gejala psikosis yang dominan, efek samping serta kemampuan keluarga pasien.Pada kasus ini rencana farmakoterapinya adalah Risperidone dan Chlorpromazin.

Haloperidol merupakan Obat anti psikosis dengan potensi tinggi, memiliki afek sedasi rendah dan memberikan efek extrapiramidal yang besar. Haloperidol merupakan golongan Butirofenon, haloperidol merupakan salah satu obat Skizoprenia, obat ini berguna untuk menenangkan keadaan mania pada penderita psikosis. Pada pasien ini diberikan dosis haloperidol 5mg 3 x ½

Clozaril Golongan Dibenzodiazepine merupakan obat Anti Psikosis Atipikal  yang pertama. Clozaril dapat membantu ± 25-50% pasien yang tidak merespon (berhasil) dengan antipsikotik konvensional.

Sangat disayangkan, Clozaril memiliki efek samping yang jarang tapi sangat serius dimana pada kasus-kasus yang jarang (1%), Clozaril dapat menurunkan jumlah sel darah putih yang berguna untuk melawan infeksi. Ini artinya, pasien yang mendapat Clozaril harus memeriksakan kadar sel darah putihnya secara reguler.

Para ahli merekomendaskan penggunaan Clozaril bila paling sedikit 2 dari obat antipsikotik yang lebih aman tidak berhasil. Pada pasien ini diberikan dosis Clozaril 25 mg 0-0-1

Itulah Laporan Kasus Skizofrenia paranoid yang sudah disusun oleh dr. Muh. Hasan.

Akses file word lengkap ada dibawah

Klik disini = File Laporan Kasus Skizofrenia Paranoid Fulltext

Belajar terus yah biar pintar hadapi pasien skizofrenia. hehe

semoga bermanfaat ya

terima kasih

Penulis = TIM IT medisupdate.com


Dapatkan Terus informasi terupdate dari kami dari Dunia kesehatan

Jika ada saran dan kritik dari kami, tersedia di kolom komentar dibawah


IKUTI KAMI DI MEDIA SOSIAL

https://medisupdate.com/

By Medisupdate.com

Medical Doctor In Indonesia

4 thoughts on “Laporan Kasus Skizofrenia Paranoid di RS Jiwa”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error

Dapatkan Ilmunya dan jangan Lupa Share :)