Pencegahan Diabetes Melitus

Pencegahan Diabetes Melitus sedini mungkin anda lakukan karena Diabetes yaitu kondisi gula darah dari naik atau melewati normal, adakah cara untuk mencegahnya ? berikut kami jelaskan pencegahan diabetes melitus tipe 2 yang terbaru. berikut detailnya lengkapnya

Anda yang menderita gula memiliki resiko banyak penyakit, yang bahaya nya ketika anda tidak pernah kontrol atau tau gula terakhir anda berapa. penting buat anda sebelum terkena karena ketika anda sudah mengalami gula darah tinggi resiko jantung dan kelainan pembuluh darah bisa terjadi

pencegahan-diabetes-melitus
https://pixabay.com/id/photos/-gula-darah-tes/

paling banyak orang terkena penyakit ini pada orang dewasa dan lansia, dan bisa juga terjadi pada anak anak ataupun remaja. contoh gejala paling sering yaitu pasien sering ingin makan, dan selalu ingin kencing dan kadang penglihatan kabur dan ketika ada luka sulit sembuh.


Kami sarankan untuk melakukan pencegahan sedini mungkin agar anda tidak terkena penyakit ini, karena banyak resiko penyakit ketika anda sudah terkena gula darah tinggi, berikut kami akan jelaskan gimana cara mencegah agar gula anda terkontrol

Anda bisa Akses file lengkap Pedoman Perkeni

Pencegahan diabetes melitus tipe 2

klik dibawah ini

Pedoman Pencegahan Diabetes tipe 2 di indonesia (Perkeni).pdf


Faktor risiko Diabetes melitus tipe 2

Apa sajakah faktor resiko dari diabetes ini ? dapat dibedakan menjadi 2 yaitu faktor yang tidak bisa dimodifikasi dan dapat dimodifikasi, apa maksudnya ? berikut kami jelaskan dibawah ini

1. Resiko yang tidak bisa dimodifikasi

Maksud dari resiko ini dan tidak bisa untuk dimodifikasi yaitu seperti etnis dan ras. lalu pada bayi yang memiliki berat badan lebih 4000 gram atau ibu kena diabetes melitus gestasional atau memiliki riwayat penderita diabetes dalam keluarga, dan usia diatas 50 tahun .

2. Resiko yang bisa untuk dimodifikasi

Selanjutnya resiko yang bisa dimodifikasi yaitu misal adam masalah pada profil lipid seperti HDL dan trigliserida, pada hipertensi. dan pada orang berat bada berlebih atau orang yang malas bergerak atau aktivitas.


Pencegahan diabetes melitus

Berikut beberapa pencegahan yang bisa anda lakukan sehari hari agar anda terhindar dari penyakit berbahaya ini.

1. Melakukan pola hidup makanan sehat

Menjalankan atau melaksanakan pola seperti ini memang susah gampang, dengan kesibukan anda diluar dan lupa untuk kontrol makanan anda sehari hari. ini merupakan kunci emas buat anda kalau ingin sehat dan jika anda lakukan ini agar terhindar dari penyakit gula atau diabet

Dianjurkan untuk anda agar mengurangi konsumsi makanan dan minuman yang gula nya sangat tinggi seperti kue, makanan fast food, es krim. semoga bisa anda mengurangi konsumsi ini. alangkah baiknya anda makan buah yang sehat, kacang dan sayuran tinggi serat.

Apalagi anda senang ngemil ? sebaiknya dikurangi makan es dan lebih memilih cemilan yang sehat seperti kacangan direbus biasa tanpa ada tambahan garam, dan bisa juga yoghurt dengan kandungan gula rendah. apalagi anda yang suka minuman bersoda seperti fanta atau coca cola kurangi dan lebih baik banyak minum air putih biasa.


2. Rutin melakukan Olahraga

Ketika anda rutin olahraga jelas sekali tubuh anda akan selalu fit dan bugar tiap harinya dan akan terihat segar dan terhindar dari beberapa penyakit salah satunya diabetes, karena dengan anda olahraga kadar gula dalam darah mudah kembali stabil dan lebih terkontrol.

banyak macam macam olahraga anda bisa lakukan seperti jogging, berenang atau pun fitness, tapi disarankan untuk anda jogging minimal olahraga 45 menit dalam sehari dan sangat bagus buat penderita diabetes


3. Berat badan selalu dijaga

seperti apa caranya untuk jaga berat badan anda agar tetap ideal ? mudah sekali, anda bisa lakukan seperti di atas tadi seperti olahraga dan makan sehat seperti penjelasan diatas. ketika anda sulit lakukan kedua hal itu lambat laun anda akan terkena diabetes.


4. Periksa rutin gula darah

Periksa berkala dan rutin gula anda untuk mengetahui naik turunnya gula anda. sebaiknya dilakukan saat puasa kurang leih 8 jam dimulai di malam hari, dan keesokan harinya pagi periksakan. disarankan sebulan sekali bagi anda yang sudah menderita diabetes.

Untuk anda yang belum terdiagnisis diabtes dan belum ada resiko sebaiknya dilakukan enam bulan sekali atau bisa setahun sekali. pahami dan lakukan pola hidup sehat dan rutin periksa gula darah, anda akan terhindar dari penyakit diabetes ini.


Anda bisa Akses file lengkap Pedoman Perkeni

Pencegahan diabetes melitus tipe 2

klik dibawah ini

Pedoman Pencegahan Diabetes tipe 2 di indonesia (Perkeni).pdf


Saat anda sudah melakukan kebiasaan baik seperti olaharaga rutin, makan sehat seperti mengurangi asupan gula berlebih, anda tidak boleh lupa kebiasaan anda lainnya seperti kebiasaan merokok dihentikan. banyak minum air putih dan istirahat yang cukup 8 jam dalam sehari.

Semoga bermanfaat yah buat anda dan keluarga di rumah

Sekian dan Terima kasih

Jika ada saran dan kritik dari kami, tersedia di kolom komentar di bawah

Dapatkan terus info terbaru kami yah di medisupdate.com


IKUTI KAMI DI MEDIA SOSIAL

https://medisupdate.com/

By Medisupdate.com

Medical Doctor In Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error

Dapatkan Ilmunya dan jangan Lupa Share :)